UT | Asas-Asas Manajemen 25 | Pertemuan 7 | TUGAS 3

PERHATIAN!!!
Postingan ini dibuat untuk teman-teman yang masih lupa pada pelajaran sebelumnya karena forum diskusi telah ditutup. Saya menyimpan jawaban pada setiap diskusinya. Dan ini adalah jawaban saya. Semoga bermanfaat.


Diskusi.7
Jumat, 22 Maret 2019, 09:09
Forum Diskusi 7

Setelah Saudara mempelajari Materi Inisiasi 6 dan 7 serta modul UT, silahkan berdiskusi mengenai pentingnya inovasi dalam sebuah organisasi?
Selamat berdiskusi. Tetap semangat.
Salam: Tutor

---------------

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat datang kembali pada pertemuan ke7.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Kita doakan semoga sehat selalu.
Kali ini kita akan membahas tentang pentingnya inovasi dalam sebuah organisasi.

Inovasi dalam organisasi mendorong intividu untuk berfikir secara mandiri dan kreatif dalam menerapkan pengetahuan pribadi untuk tantangan organisasi, dibutuhkan juga budaya inovasi yang mendukung ide-ide baru. Suatu ide baru sering datang secara tiba-tiba seperti inspirasi. Inspirasi lebih banyak timbul dari mereka yang telah terbiasa dengan suatu masalah sehingga dapat menilai adakah manfaat dari ide tersebut berguna bagi organisasinya atau tidak. Atau bahkan hanya untuk diri sendiri saja. Inovasi merupakan kegiatan dalam rangka mengembangkan dan memajukan organisasi. Setiap pekerjaan manajer yang baik akan selalu memberikan kesempatan bagi pengembangan inovasi. Inovasi sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan. Segala sesuatudidunia ini terus berkembang. Begitu juga dengan organisasi, oleh karena itu kita perlu ide-ide yang bagus agar bisa bersaing dengan organisasi diluar sana.

Bagaimana menurutmu, ada tambahan?
Silahkan berikan tanggapan dan komentar pada kolom tanggapan di bawah.
Terimakasih sudah membaca hingga akhir.
Kita doakan agar sehat selalu.
Sampai jumpa lagi pada pertemuan berikutnya.
Assalamualaikum wr.wb.

=====================================================================

Berikut TUGAS 3 nya

Tugas 3
Jelaskan jawaban Saudara atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Apakah yang dimaksud dengan pengawasan anggaran?
2. Apa pentingnya pengawasan dalam manajemen?
3. Apa yang membedakan antara invention (penemuan) dan  inovasi?
4. Bagaimana sebaiknya seorang manajer menjalankan fungsi representasi?

Jawaban : 

1. Pengawasan anggaran
Pengawasan Anggaran adalah budgetary control yaitu penilaian suatu rencana anggaran keuangan (rencana kerja) dibandingkan dengan pelaksanaannya. Berdasarkan penilaian tersebut, diperoleh kesimpulan, yaitu rencana anggaran telah atau belum dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

2. Pentingnya pengawasan dalam manajemen
Dengan pengawasan diharapkan dapat segera diketahui apabila terjadi penyimpangan dialam keberlangsungan manajemen organisasi yang tidak sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan. Suatu organisasi akan berjalan terus dan semakin komplek dari waktu ke waktu, banyaknya orang yang berbuat kesalahan dan guna mengevaluasi atas hasil kegiatan yang telah dilakukan, inilah yang membuat fungsi pengawasan semakin penting dalam setiap organisasi. Tanpa adanya pengawasan yang baik tentunya akan menghasilkan tujuan yang kurang memuaskan, baik bagi organisasinya itu sendiri maupun bagi para pekerjanya.

3. Yang membedakan antara invention (penemuan) dan  inovasi
Invention adalah suatu penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia. Benda atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan hasil kreasi baru. Misalnya penemuan teori belajar, teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, mode pakaian, dan sebagainya. Tentu saja munculnya ide atau kreativitas berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dari hal-hal yang sudah ada, tetapi wujud yang ditemukannya benar-benar baru.
Berbeda dengan Inovasi, Inovasi ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

4. Seorang manajer menjalankan fungsi representasi
Seorang manajer dituntut untuk lebih kreatif dibandingkan dengan orang-orang lain yang bukan manajer. Seorang manajer juga dituntut untuk menjalankan kegiatan lainnya yaitu menjalin hubungan dengan kelompok luar, yangsemuanya harus dilakukan sebagai salah satu fungsi yang disebut fungsi representasi. Seorang manajer harus dapat menjadi duta atau mewakili organisasinya dalam berhubungan dengan kelompok luar.
Seorang manajer tidak dapat menganggap dirinya sendiri sebagai seorang innovator karena ia telah mengeluarkan ide-ide baru, karena bagaimanapun bagusnya ide tersebut, tetap saja masih diperlukan suatu pengembangan yang lebih mendalam lagi. Pengembangan dari ide tersebut pun masih mempunyai banyak kemungkinan bahwa ide tersebut mengalami jalan buntu dalam pengembangannya.  Seorang manajer tidak dapat beranggapan bahwa dirinya seorang innovator, hanya karena ia telah memberikan ide yang baru sebaik bagaimanapun, tetapi masih diperlukan pengembangan secara lebih terperinci sejauh mungkin dari idenya tersebut.

Comments