UT | Asas-Asas Manajemen 25 | Pertemuan 3 | TUGAS 1

PERHATIAN!!!
Postingan ini dibuat untuk teman-teman yang masih lupa pada pelajaran sebelumnya karena forum diskusi telah ditutup. Saya menyimpan jawaban pada setiap diskusinya. Dan ini adalah jawaban saya. Semoga bermanfaat.



Diskusi.3
Jumat, 22 Maret 2019, 09:09
Forum Diskusi 3
Perencanaan adalah sebuah proses berkesinambungan yang mencerminkan dan menyesuaikan dengan perubahan suatu organisasi. Perencanaan berhubungan dengan masa yang akan datang yang merupakan suatu hal yang belum tentu dikenal serta penuh dengan ketidakpastian. Perencanaan juga merupakan proses pemilihan dan pengembangan dari tindakan yang paling baik atau menguntungkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Perencanaan merupakan suatu proses tanpa akhir.

Perencanaan merupakan fungsi yang paling penting yang merupakan landasan pokok dari fungsi-fungsi yang lain. Perencanaan yang efektif harus berdasarkan pada fakta dan bukan atas dasar emosi atau angan-angan.

Berdasarkan uraian singkat di atas, coba Saudara diskusikan bersama mengapa perencanaan disebut sebagai suatu proses tanpa akhir? Dan mengapa perencanaan dikatakan sebagai fungsi yang terpenting?

Selamat belajar dan berdiskusi. Keaktifan Saudara dalam diskusi ini akan diberi nilai.

--------------

Assalamualaikum wr.wb.
Selamat datang kembali di pada pertemuan ke3.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Kita doakan semoga sehat selalu.

Mengapa perencanaan disebut sebagai suatu proses tanpa akhir?
Karena perencanaan adalah suatu ide atau rancangan yang kita pikirkan dan tak akan ada habisnya jika dipikirkan. Ada-ada saja yang akan muncul jika kita telah tendapatkan ide untuk perencanaan bisnis misalnya. 
Mengapa perencanaan dikatakan sebagai fungsi terpenting?? Karena sebelum kita melakukan hal yang besar kita harus membuat perencanaan yang matang agar semua dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana menurutmu, ada tambahan?
Silahkan berikan tanggapan dan komentar pada kolom tanggapan di bawah.
Terimakasih sudah membaca hingga akhir.
Sampai jumpa lagi pada pertemuan berikutnya.
Assalamualaikum wr.wb.

=============================================================

Berikut TUGAS 1 nya

TUGAS 1
Setelah membaca materi Inisiasi tentang Arti Manajemen secara Umum, Saudara diharapkan dapat berperan aktif dalam mengerjakan tugas 1 yang ada di bawah ini. Dalam hal ini, jangan takut untuk salah, karena tak akan ada pengurangan nilai. Partisipasi Saudara akan menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian akhir sebesar 30%.  
  1. Menurut Saudara, bagaimanakah sebaiknya seorang manajer menjalankan fungsinya?
  2. Jelaskan secara singkat ciri-ciri yang membedakan antara seorang manajer dan non manajer!
  3. Menurut pendapat Anda, kapan manajemen itu timbul?
  4. Siapakah Bapak Manajemen ilmiah dan apa pendapatnya tentang manajemen?
  5. Mengapa perencanaan disebut sebagai sebuah proses tanpa akhir?1
Ketik jawaban Anda dalam bentu Ms Word dan upload dalam forum Tugas 1 ini.
Hindari plagiasi dalam menyelesaikan tugas ini.
Selamat mengerjakan. Semoga sukses.
Salam: Tutor

--- JAWABAN ---
  1. Menurut saya seorang manager menjalankan fungsinya yaitu menyelesaikan urusannya dengan orang lain yang berkaitan dengannya. Dan juga orang yang mengawasi kegiatan orang lain dan bertanggung jawab atas pencapaian tujuan dalam sebuah organisasi.
  2. Manajer adalah pihak yang berkewenangan mengatur dan memimpin karyawan sesuai kebijakan yang telah diterimanya. Sedangkan Nonmanajer adalah karyawan yang siap melakukan tugas yang telah diberikan kepadanya oleh manajer.
  3. Menurut saya manajemen itu timbul atau dimulai ketika suatu perusahaan telah dibentuk.
  4. Bapak manajemen adalah "Frederick Winslow Taylor". Taylor mengatakan bahwa agar supaya prinsip itu dapat berhasil, dibutuhkan suatu "revolusi mental menyeluruh" di pihak manajemen dan pekerja. Daripada bertengakar mengenai keuntungannya masing-masing, mereka harus bersama-sama berusaha menaikan produksi. Dengan jalan itu, keuntungan akan ditingkatkan sampai ke tingkat di mana pekerja dan manajemen tidak akan berselisih. Singkatnya, Taylor berpendapat bahwa manajemen dan pekerja mempunyai kesamaan kepentingan dalam meningkatkan produktivitas.
  5. Karena suatu perusahaan harus selalu berdiri dan terus berkembang. Maka dari itu perlunya suatu perencanaan agar perusahaan tersebut dapat berkembang dan tidak bangkrut.

Comments

  1. Berapa nilai bapak saat itu dari dosen tuton,jawabannya sanggat baik sekali dan bisa dimengerti

    ReplyDelete

Post a Comment