Tugas 2 Asas-Asas Manajemen Semester 2


Tugas 2
                                                                                                                                                                                                            
Jelaskan pendapat Anda tentang hal-hal berikut ini :
1.       Apa yang dimaksud organisasi sebagai sistem?
2.       Mengapa seorang manajer harus mendelegasikan wewenang?
3.       Sebutkan macam-macam staf dan jelaskan!
4.       Mengapa ilmu perilaku diperlukan dalam pelaksanaan fungsi aktuasi?
5.  Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin dan apa ciri-ciri yang membedakan pemimpin dan bukan pemimpin?

Jawaban :
1.   Organisasi adalah suatu kelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen yang dihubungkan bersama  untuk memudahkan suatu pekerjaan. Jadi organisasi sebagai system adalah sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama dan menggunakan system yang sama agar hasilnya sama ketika pekerjaan itu selesai. Karena menggunakan system.
2.    Agar mereka bisa menjalanklan operasi menejemen dengan baik, dan pendelegasian wewenang adalah konsekuensi logis dari semakin besarnya organisasi. Bila seorang atasan tidak mau mendelegasikan wewenang, maka organisasi itu tudak butuh siapa-siapa.
3.       Macam-macam staf :
a.   Staf penasehat, dibentuk untuk memberi bantuan, sarang dan jasa kepada seorang menajer, dan juga memberi saran-saran kepada pemimpin terhadap semua bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawab pimpinan.
b.      Staf pelayanan, untuk membantu pimpinan dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dalam memberikan pelayanan untuk seluruh lini dan unsur organisasi. Fungsi utamanya yaitu memberikan peleyanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan-kegiatan operasional. Bukan memberikan saran atau pertimbangan.
4.    Karena perilaku dianggap sebagai sesuatu yang tidak ditujukan kepada orang lain. Oleh karena itu perlu kita perlu perilaku yang baik agar dalam melaksanakan fungsi aktuasi dapat dilaksanakan dengan baik dan dengan kejujuran.
5.  Untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus memiliki sifat jujur, berkomunikasi dengan baik, bersikap adil, dapat membangun tim dengan baik, memahami kondisi sekitar dan manajemen waktu yang baik.

Ciri seorang pemimpin harus mampu berdiri sendiri, menjadi pendengar yang baik, inovatif dan tetap rendah hati. Dan untuk ciri yang bukan pemimpin adalah kebalikan dari itu semua. Meskipun ada beberapa sifat yang dimiliknya, namun itu tidak cocok dijadikan sebagai pemimpin.

Comments